Sabtu, 14 Maret 2015

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Sosial Dasar

By: Anis Sadiyyah

Pengertian Ilmu Sosial Dasar


Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu yang memberikan pengetahuan dasar dan pengertian tentang berbagai konsep yang dikembangkan untuk menjelaskan gejala - gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran seseorang dalam menghadapi lingkungan sosial.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar merupakan untuk membantu kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian seseorang agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas, dan ciri-cri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia - manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan. 

Ilmu Pengetahuan Sosial

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Pengetahuan Sosial dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jadi IPS sendiri merupakan sebuah pelajaran yang terdiri dari berbagai macam cabang ilmu.


Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial

  1. Mempersiapkan siswa menjadi warga negara  yang baik dalam kehidupannya di masyarakat.
  2. Mengembangkan kemampuan siswa menggunakan penalaran dalam mengambil keputusan setiap persoalan yang dihadapinya.
  3. Mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan nilai peserta didik sebagai individu maupun sosial dan budaya.  
Perbedaan dan Persamaan dalam Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Kalau dilihat, sekilas ISD dan IPS terlihat mirip karena masing-masing berhubungan dengan pelajaran sosial. Namun terdapat perbedaannya juga. Berikut adalah perbedaan dan persamaan antara ISD dan IPS.

Perbedaan ISD dan IPS yaitu :
  1. Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
  2. Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
  3. Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
Persamaan ISD dan IPS yaitu :
  1. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
  2. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Golongan Bahan Pelajaran ISD
  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
  3. Masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.
Sumber:
http://ruriandriyani.blogspot.com/2013/05/tujuan-pembelajaran-ips-di-sekolah-dasar.html
http://www.diasinside.com/2013/10/ilmu-sosial-dasar-pengertian-tujuan.html
http://www.academia.edu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar